Selasa, 20 April 2010

Menggunakan FB Untuk Pemilu


Komisi Pemilihan Umum Inggris menggunakan Facebook (FB) untuk pertama kali, guna mendorong lebih banyak orang mendaftar sebagai pemilihan pada 6 Mei, setelah jumlah pemilih jatuh ke terendah sepanjang sejarah pada dua pemungutan suara terakhir, kata pengawas pada Jumat.
KOMISI Pemilihan Umum mengatakan, setiap yang mengunjungi situs jejaring sosial itu pada Sabtu akan mendapatkan pertanyaan apakah sudah terdaftar sebagai pemilih. Jika belum, mereka akan diarahkan ke laman komisi pemilihan di mana mereka dapat mendaftar..
            Setidaknya 3.5 juta orang tidak mendaftar pada pemilihan umum 2001 dan komisi pemilihan umum memperkirakan masih terdapat jutaan orang berada dalam posisi yang sama.
            Anak muda adalah pengguna terbesar Facebook, tetapi seperti biasanya sangat sulit membujuk mereka untuk memilih.
            “Jika kamu tidak mendaftar, kamu tidak bisa memilih,” kata Clinton Proud, Ketua Komisi Pemilihan Umum.
            Jumlah pemilih yang pergi ke tempat pemungutan suara telah jatuh dalam 100 tahun terakhir. Pemilih pada pemilihan umum lalu pada 2005 adalah 61.4 persen, jauh berbeda dibandingkan pemilih pada awal 1950 yang diatas 80 persen.
            Jumlah pemilih terendah pada kelompok umur antara 18-24 tahun, yang turun menjadi 37 persen pada 2005, dari 39 persen pada pemilu 2001, berdasar perkiraan MORI.
            Dalam sebuah laporan setelah pemungutan suara 2005, pengawas pemilu menyalahkan jumlah pemilih yang sedikit Karena persamaan persepsi diantara partai-partai politik utama dan sebuah kampanya yang terlihat seperti “terbaik dalam semangat tetapi paling buruk dalam nada dan pengelolaan tahapan.”
            Beberapa pemilih merasa suaranya tidak akan membuat perbedaan karena “tidak aka nada yang berubah” siapapun yang menang, kata laporan.
            Anak muda kurang berminat dibandingkan dengan pemilih yang lebih tua untuk pergi ke tempat pemungutan suara sebagai kewajiban warga Negara, katanya.
            Pemilihan harus mendaftarkan pada 20 Apri, jika nereka akan memberikan suaranya dalam sebuah pemilu yang jajak pendapat perkiraan akan menjadi yang terketat dalam 20 tahun.
            Partai-partai besar telah meniri jejak kampanye Presiden Barack Obama dan akan bergulat dengan email dan web yang oleh sejumlah orang dijuluki “Pemilihan Umum Internet Pertama Great Britain”.

sumber : berita kota
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar