Minggu, 03 April 2011

Soal 3-2


Pada tanggal 1 Januari, Tahun 1, Burton Company menyewa peralatan dari Nelson Company dengan biaya sewa per tahun sebesar $ 10.000. masa sewa adalah lima tahun dan tingkat bunga implisit lessor adalah 8%. Tingkat bunga inkremental untuk pinjaman sewa adalah 8,25%. Masa manfaat peralatan tersebut adalah lima tahun dan estimasi nilai sisa adalah sama dengan biaya pemindahan. Table anuitas mengidikasikan bahwa nilai sekarang sewa thunan untuk $ 1 (pada tingkat 8%) adalah $ 3,993. Nilai wajar peralatan tersebut sama dengan nilai sekarang sewa. (Asumsikan bahwa transaksi ini merupakan capital lease).
Diminta:
a. Siapkan jurnal akuntansi yang diperlukan Burton Company di Tahun 1.
b. Hitunglah dan ilustrasikan dampaknya pada laporan laba rugi untuk tahun yang berakhir pada 31 Desember Tahun 1 dan pada neraca per 31 Desember, Tahun 1.
c. Susun table yang menunjukan pembayaran bunga dan pokok pinjaman setiap tahun selama masa sewa lima tahun.
d. Susun table yang menunjukan beban pada laporan laba rugi selama masa sewa lima tahun bila peeralatan dibeli. Tunjukan kolom (1) amortisasi, (2) bunga, dan (3) total beban.
e. Bahas implikasi capital lease tersebut pada laba dan arus kas.


Jawab:
• Jurnal
Biaya Sewa $ 10.000
Kas $ 10.000
(mencatat biaya sewa pertahun)

Biaya Sewa $ 50.000
Kas $ 50.000
(mencatat biaya sewa selama 5 tahun)
 
Dampak pada Capital Lease pada Neraca
Pada per 31 Desember tahun ke-1. Meskipun Operating Lease Lebih sederhana, namun Capital Lease secara konseptual lebih unggul, dipandang dari persepektif neraca maupun laporan laba rugi. Dari sudut pandang neraca, akuntansi Capital Lease mengakui manfaat (asset) dan kewajiban yang timbul dari transaksi sewa. Sebaliknya, metode Operating Lease mengabaikan manfaat dan kewajiban tersebut dan sepenuhnya mencerminkan dampaknya hanya di akhir masa sewa. Neraca dalam Operating Lease gagal mencerminkan asset dan kewajiban sewa perusahaan.

1 komentar: