Sabtu, 05 Maret 2011

siapa bilang marketing cuma sales aja ??


Marketing itu sebetulnya bukan sales aja. Bukan jualan melulu. Tapi ada yg namanya brand. Dan ini bisa menjadi salah satu tolak ukur sukses nya marketing di sebuah perusahaan. Brand atau yang lebih kita kenal dengan merek adalah suatu atribut yang sangat penting bagi suatu produk.
atau pengertian dari suhu nya marketing brand menurut Kotler adalah: “brand adalah nama, istilah, tanda, simbol, rancangan atau kombinasi dari hal-hal tersebut, yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang atau jasa dari seorang atau sekelompok penjual dan untuk membedakannya dari produk pesaing” 

berikut tips nya agar brand menjadi sukses...
  • produk harus memiliki pembeda atau keistimewaan sehingga mudah diingat dan dikenal.
  • melibatkan slogan atau jingle sehingga mudah diingat dalam aktivitas promosi.
  • bentuk n simbol brand mudah diingat
  • sering mengadakan event-event dan menyisipkan brand kegiatannya
  • menciptakan kemasan produk yang unik dan penggunaan warna yang menarik.
Contohnya :
1.      indomie
brand yang satu ini udah ngalahin semua mie instan di indonesia....jadi kalau mau beli mie pasti bilang nya mau beli indomie...bukan bilang beli mie instan
2.      softex..
brand ini udah jadi kata kerja yg di ucapin perempuan pas mau ke swalayan kalau udah mau dateng bulan. padahal banyak produk yang lain.
3.      betadine...
barnd obat luka ini sering di ucapkan bila seseorang sedang terluka. padahal nama aslinya obat merah.
4.      aqua....
brand paling canggih. Brand ini sudah sejak lama menduduki deretan air mineral lainnya. Biasanya para pembeli selalu bilang “ada aqua ga bang” padahal yang mereka beli buka merek aqua melainkan air mineral lain. 
      sumber : www.kaskus.us
s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar