Rabu, 03 November 2010

Perangkat keras

Pendahuluan
Perangkat keras komputer (Inggris: hardware) adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di [dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
Batasan antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita berbicara mengenai firmware, karena firmware ini adalah perangkat lunak yang "dibuat" ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer dan teknik komputer, yang jarang dikenal oleh pengguna umum.


Perangkat keras
1. Katagori computer
Menurut ukuran atau kapasitasnya, perangkat keras computer dapat digolongkan menjadi empat katagori yaitu :
• Computer mikro (PC) : pertama kali dipakai pada tahun 1970-an setelah kemajuan teknologi memungkinkan ditempatkannya sebuah sirkuit “otak” computer dalam sebuah chip (keeping) silicon yang sangat kecil.
• Computer mini : computer mini juga merupakan produk dari semakin kecilnya sirkuit perangkat keras computer yang pertamakali muncul pada tahun 1960-an. Computer-komputer mini pada awalnya dipakai untuk aplikasi rekayasa (engineering) dan penelitian. Tetapi banyak pula yang solusi masalah-masalah bisnis yang ditunjang dengan computer mini.
• Computer besar : computer katagori ini berukuran besar dan relative lebih mahal karna untuk melayani pengolahan data yang sangat besar sehingga system operasinya biasanya di khususkanuntuk pengolahan data secara timesharing.
• Supercomputer :computer yang dapat bekerja dengan kapasitas, kcepatan, dan akurasi yang sangat tinggi. Untuk mengoprasikannya supercomputer membutuhkan staff yang benar-benar terlatih.
2. Central proceccing unit (CPU)
Inti dari setiap konfigurasi computer adalah unit pengolahan pusat atau yang disebut sabagai CPU. Manajer SIM tidak diharuskan untuk paham betul tentang seluk beluk CPU secara teknis. Tetapi ia harus memahami fungsi-fungsi dasar CPU untuk dapat menyusun sim yang berbasis computer. Komponen-komponen dari suatu system computer dengan CPU sebagai intinya yang secara ringkas dapat dijelaskan sebagai berikut :
• Input
• Output
• Control unit
• Arithmetic logic unit (ALU) kalkulator CPU
• Primary storage (penyimpanan primer)
• Bus(serangkaian kabel yang membawa data)

Untuk mengetahui system pengolahan data yang sesuai bagi organisasi, seorang manajer juga perlu mengetahui standar pengukuran dalam membandingkan ukuran dan kecepatan processing sebuah computer atau yang disebut dengat sizing. Berikut ini adalah istilah-istilah yang dipakai dalam menentukan standar umum disebut :
• Ukuran penyimpanan / lebar jalur transmisi :
a. Bit (binary digit) : setiap computer digital menggunakan system bit dan setiap aksara alfabetik, numeric maupun lambing khusus didalam system computer diterjemahkan kedalam konfigurasi bit yang terdiri atas angka 0 dan 1
b. Byte : biasanya sitem computer digital menterjemahkan suatu aksara perintah kedalam konfigurasi khusus yang terdiri dari beberapa bit
• Ukuran kecepatan :
a. Hertz : untuk mengukur tingkat kecepatan sebuah system computer mikro. Apabila sebuah computer Compaq deskpro 486 tertera kecepatan 50 MHz, maka itu berarti microprocessor clock yang dipakai untuk operasi computer bekerja sebanyak 50 juta putaran per detik.
b. Mips (millions of instruction per second : mula-mula ukuran mips hanya dipakai untuk menandai kapasitas computer mainframe atau computer mini. Tetapi karna teknologi sudah semakin berkembang , beberapa PC yang bekapasitas besar juga di ukur dengan mips
c. Flops (floating-point instruction per second) : biasanya dipakai untuk mengukur kecepatan supercomputer yang biasanya memiliki kapasitas hingga megaflops atau gigaflops

Tidak ada komentar:

Posting Komentar